iklan anda disini

klik this please

Arsip Blog

Rabu, 23 Mei 2012

Sukses di Bidang GIS

5 keahlian yang dibutuhkan untuk sukses sebagai seorang yang ingin berkarir di bidang GIS :
 
  • curiosity atau rasa ingin tahu/penasaran yang besar. Mereka yang sukses berkarir di bidang GIS bukan hanya penasaran tentang dunia teknologi geospasial, tetapi mereka juga ingin tahu tentang dunia itu sendiri. Mereka merenungkan hubungan spasial bekerja dalam fenomena lokal ke skala global, mulai dari demografi, penggunaan lahan, dan pola lalu lintas dalam komunitas mereka sendiri terhadap bahaya alam, keanekaragaman hayati, dan iklim di seluruh dunia. Ini menjadi pemicu rasa ingin tahu yang sering diperlukan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan GIS.
  • Kemampuan untuk bekerja dengan data. Mereka yang sukses berkarir di bidang GIS telah mengembangkan keterampilan berpikir kritis tentang data. Mereka tidak hanya tahu di mana untuk menemukan data, tetapi memahami metadata dengan sangat baik sehingga mereka mengetahui manfaat dan batasan untuk bekerja dengan setiap jenis tipe data. Mereka paham betul tindakan apa yang paling efektif untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menampilkan data geografis pada aplikasi/software GIS.
  • Pemahaman dasar geografis. Praktisi GIS harus mengetahui fundamental di balik semua fenomena spasial, termasuk proyeksi peta, datums, hubungan topologi, model data spasial, teori tentang database dan metodologinya, cara-cara untuk mengklasifikasikan data, cara efektif menggunakan statistik spasial dan metode geoprocessing, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Teknologi geospasial berkembang sangat cepat, sama cepatnya dengan teknologi lainnya. Teknologi komputasi awan, pilihan akses data GIS melalui platform dekstop atau perangkat mobile, akses data secara online adalah perkembangan teknologi terkini, sebagai profesional yang berkarir di bidang GIS, adaptasi terhadap teknologi dan fleksibilitas dalam penerapan teknologi harus menjadi ketrampilan tersendiri yang harus dimiliki. Hal ini juga berlaku untuk sukses berkarir di bidang teknologi lainnya. Mau tidak mau, mereka harus tidak hanya mau berubah, tapi menerima dan merangkul perubahan tersebut sebagai bagian penting dalam karir mereka. Mereka adalah pelajar seumur hidup.
  • Kemampuan komunikasi yang baik. Mereka yang sukses berkarir di bidang GIS tahu bagaimana menggunakan GIS dan alat presentasi lainnya untuk mengkomunikasikan hasil pekerjaan mereka untuk berbagai audience. Mereka paham betul cara efektif menggunakan elemen peta, tetapi mereka juga tahu betul bagaimana dengan mengkomunikasikan hasil analisis mereka dalam laporan lisan dan tertulis, secara visual melalui video, tatap muka, online, dan melalui cara lain.

Tidak ada komentar: