iklan anda disini

klik this please

Arsip Blog

Jumat, 18 Mei 2012

PERTAMINA AKAN MEMBELI LANGSUNG DARI PRODUSEN

Jakarta-TAMBANG. Manajemen PT Pertamina (Persero) akan menghindari pembelian minyak dari pedagang (trader). Pembelian minyak tanpa via trader itu seperti keinginan Menteri BUMN Dahlan Iskan, yang meminta agar Pertamina tidak mengimpor minyak dari trader.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, guna meningkatkan ketahanan pasokan energi nasional dan mendukung optimalisasi kinerja Petral, Pertamina memprioritaskan impor BBM dan minyak mentah dari berbagai sumber, khususnya National Oil Company (NOC).

“Sistem pengadaan minyak mentah dan BBM yang dilakukan selama ini telah berjalan dengan baik dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG),” kata dia, di Jakarta, hari ini.

Menurut Karen, pihaknya bertekad melakukan perbaikan pada proses pemenuhan kebutuhan BBM nasional. Caranya, dengan berupaya untuk bisa melakukan impor langsung dari NOC, produsen minyak, dan pemilik kilang.

“Pembelian langsung akan dilakukan mulai kuartal-III 2012. Cara seperti ini harus dilakukan secara hati-hati untuk memastikan langkah tersebut tidak menimbulkan risiko, seperti kegagalan pasokan impor yang akan berakibat pada terjadinya krisis energi di dalam negeri,” ujar dia.

Sebelumnya, Dahlan Iskan meminta Pertamina tak membeli minyak dari pedagang. Menurut Dahlan, sebuah perusahaan besar sebaiknya membeli bahan baku langsung dari produsennya.
http://www.majalahtambang.com/detail_berita.php?category=18&newsnr=5705
Poskan Komentar

Google+ Badge