iklan anda disini

klik this please

Arsip Blog

Senin, 28 Mei 2012

POWER SHOVEL

POWER SHOVEL

A.Tentang  Power Shovel
            Power Shovel merupakan alat berat gali dan muat  tambang yang sering digunakana berupa skop mekanasi yang amat besar. Alat ini digerakkan oleh mesin uap, mesin bensin, mesin diesel,atau dapat juga motor listrik. Ukuran alat ini ditentukan oleh besarnya sekop yang dapat digerakkan, baik dalam arah horizontal maupun vertikal. Ukuran skop Power Shovel kecil berkisar ½ sampai 2 yard3 (1 yard = 3 ft = 90 cm) atau sekitar 0,36 m3 sampai 1,56 m3; ukuran sedang berkisar 2 sampai 8 yard3 ( 1,56-18,2 m3), dan ukuran besar 8 – 35 yard3 (18,2 – 25,5 m3).

Dengan memberikan shovel attachment pada excavator, maka didapatkan alat yang disebut dengan power shovel. Alat ini baik untuk pekerjaan menggali tanah tanpa bantuan alat lain, dan sekaligus memuatkan ke dalam truk atau alat angkut lainnya. Alat ini juga dapat untuk membuat timbunan bahan persediaan (stock pilling).
Pada umumnya power shovel ini dipasang di atas crawler mounted, karena diperoleh keuntungan yang besar antara lain stabilitas dan kemampuan floatingnya. Power shovel di lapangan digunakan terutama untuk menggali tebing yang letaknya lebih tinggi dari tempat kedudukan alat. Macam shovel dibedakan dalam dua hal, ialah shovel dengan kendali kabel (cable controlled), dan shovel dengan kendali hidrolis (hydraulic controlled).
B. Bagian-bagian Power Shovel
Bagian-bagian Utama dari Power Shovel :

1.        Bucket
2.             Tangkai Bucket
3.      Sling Bucket
4.     Rol Ujung
5.   Boom
6.     Sling Boom
7.      Penahan Boom
8.             Mesin Penggerak
9.          Counter Weight (pengimbang)
10.              Kabin Operator
11.              Under Carriage
 




C. Jenis-jenis Power Shovel
Didasarkan atas roda penggeraknya, “power shovel” terdiri dari :
a.      Crawler mounted power shovel



 
 


b.      Wheel mounted power shovel



 














c.       Truck mounted power shovel