iklan anda disini

klik this please

Arsip Blog

Rabu, 09 Mei 2012

ELASTISITAS FLUIDA


Elastisitasa Fluida
Elastisitas fluida adalah dikaitkan dengan adanya deformasi  (ekspansi atau kontraksi ) dalam fluida apabila terjadi perubahan tekanan.
Elastisitas ini sering disebut dengan kompressibilitas fluida. Secara kuantatif, derajat elastisitas Ev diberikan melalui definisi berikut :
                                              dP = - Ev  
                                              atau
                                              dP = - 

Dengan derajat elastisitas Ev sama dengan elastisitas modulus  bulk fluida, dP adalah delta (increment) perubahan tekanan, dV delta  perubahan volume, dan V adalah volume fluida. Karena dV/ V adalah negative untuk nilai dP positif, maka menggunakan tanda negatif untuk perubahan nilai elastisitas positif.
Bentuk alternatif dari persamaan elastisitas adalah :
                                            Ev =    =  
Nilai Ev terlihat bergantung pada hubungan antara tekanan dan densitas  fluida. Selama densitas fluida bergantung pada temperatur,  maka modulus bulk atau derajat elastisitas Ev akan bergantung pada bagaimana perubahan temperature selama adanya kompression dalam fluida.  Apabila temperature di asumsikan konstan, maka kondisi demikian disebut dalam keaadaan  isothermal. Sementara selagi tidak ada aliran panas masuk maupun keluar dalam waktu compression, maka keadaan seerti ini disebut keadaan adiabatic. Ratio dari modulus bulk adiabatic terhadap modulus bulk isothermal adalah sama dengan k, yaitu ratio berat spesifik  fluida pada tekanan konstan dan volume konstan.
Konsep elastisitas fluida atau modulus bulk ini umumnya diterapkan dalam fluida cair (liquids). Untuk fluida gas, yang pada umumnya kompressible, maka selama gas itu kompressible maka elastisitas fluida tidak akan pernah konstan. Tetapi akan proporsional terhadap tekanan dan sangat sensitive serta ceat terhadap erubahan. Korelasi antara tekanan dan densitas fluida adalah menggunakan persamaan :
P =   RT
Untuk fluida cair, nilai Ev bernilai besar dan peruhan densitas dengan tekanan kecil. Akan tettai penambahan tekanan sungguh akan mengeratkan hubungan antar molekul  sehingga akan membesarkan nilai elastisitas fluida.
Untuk fluida cair, perubahan tekanan akibat adanya proses-proses  mekanik dalam berbagai hal tidak akan mengakibatkan adanya perubahan densitas secara signifikan, yang pada umumnya diabaikan dan mengasumsikan fluida dalam keadaan incompressible.
Poskan Komentar

Google+ Badge